Kamis, 23 Juni 2011

PERCAYA DIRI

aku malu akh. . .
Setiap orang sebenernya memiliki rasa percaya diri, cuma masalahnya 
seberapa banyak kadar percaya diri kita. .
Ada yang kurang sedang hingga berlebihan(kaya Banci, hehe, piss)
Kenapa kita ga coba dari satu pendekatan dahulu???
Pendekatan dari faktor penyebab kita kurang memiliki rasa percaya diri
Dengan memahami rusaknya rasa percaya diri kita, kita berharap bisa memiliki rasa percaya diri yang memadai.
Penyebab ini adalah suatu kebiasaan banyak orang yang sudah menjadi bagian hidupnya tanpa mereka sadari dan justru menggroroti rasa percaya diri mereka sedikit demi sedikit . .

Yaitu kebiasaan membandingkan diri kita dgn orang lain.
Apalagi sampai membandingkan kelemahan kita dgn kelebihan orang lain. Oke, sebagai tesnya,
coba perhatikan seberapa banyak waktu yang anda habiskan untuk menonton televisi, membicarakan orang lain ( terutama meremehkan orang lain ), mengkritik kesalahan orang lain, menertawakan kebodohan orang lain, dan mengeluh akan penampilan kita sendiri. Itulah signal prilaku kita yg harus kita waspadai.(Ingat tuch agan dan agan wati, ane sendiri juga kudu introfeksi nech, hehe)
menonton tv berlebihan selain waktu anda habis, bisa merefleksikan bahwa waktu anda kurang berharga. Ini baru satu faktor buruk dari sekian banyak faktor dampak. Padahal justru bila kita menggunakan waktu dengan suatu yg manfaat, akan memberikan dampak rasa percaya diri yg lebih baik ke diri kita.
Hiburan oke, cuma perlu batasan waktu agar tidak berlebihan.
Hati hatilah terhadap prilaku kita, meremehkan orang lain adalah cermin diri kita. "Ada suatu kisah nyata seorang anak petani yg diprediksi gurunya bahwa masa depannya adalah petani. kenyataannya, dia menjadi orang kaya terpandang didesa itu ketika dewasa. Gurunya dahulu yg meremehkannya tetap menjadi seorang guru ... yang terus sibuk meremehkan murid muridnya sendiri. Meremehkan orang lain hanya merugikan diri sendiri saja. Karena masa depan hanya ditentukan oleh ikhtiar dan do'a. bukan karena penilaian orang lain.
Kebiasaan mengeluh penampilan adalah suatu dampak dari hasil diatas, semakin banyak kita membandingkan diri kita dgn orang lain, semakin banyak saja keluhannya. Tentu saja semakin berkurang pula rasa percaya diri kita dgn berjalannya waktu. Mulailah kebiasaan bersyukur akan kelebihan yg diberikan Allah kepada kita.
Memiliki kesehatan apa adanya, masih bisa tersenyum melihat keadaan sekarang, menikmati kehidupan yang terus membaik secara bertahap walau sedikit, akan meningkatkan rasa percaya diri kita secara lebih baik. Bila anda mulai terbiasa membatasi waktu akan hal yg kurang manfaat, terus ber ikhtiar + do'a dan sering bersyukur, insya Allah rasa percaya diri anda meningkat dengan berjalannya waktu. . .Semangat perubahan Kawand

0 komentar:

Posting Komentar