Jumat, 24 Juni 2011

Daging Ayam dan Manfaat Kesehatan

MENGONSUMSI ayam sudah menjadi hal umum. Daging hewan itu memang cukup menjadi favorit karena rasanya yang gurih. Tidak hanya anak-anak menyukai, para dewasa juga banyak yang jatuh hati.
Tidak hanya dagingnya yang enak, ayam yang diambil sari patinya juga memberikan kontribusi positif bagi kesehatan. Tidak heran, kebiasaan mengonsumsi sari pati ayam sudah menjadi tradisi secara turun temurun. Hal itu diyakini karena sari pati ayam dapat menjadi obat manjur bagi mereka yang kurang enak badan. Sari pati ayam juga baik untuk masa penyembuhan ataupun meningkatkan stamina. Selain kesehatan, mengonsumsi sari pati ayam secara teratur mampu mengoptimalkan daya pikir seseorang.
Mengapa sari pati ayam? Ayam kaya akan sumber protein yang tinggi. Protein ayam mengandung asam amino carnocyn yang merupakan nutrisi alami yang hanya terdapat dalam makhluk hidup dan kandungan itu tidak terdapat pada tumbuh-tumbuhan.
Carnocyn memiliki fungsi sebagai an-tioksidan dan sebagai penghubung sel otak dalam berkomunikasi atau sebagai neurotransmitter. Selain itu, carnocyn berperan penting dalam daya ingat seseorang. H.ili.in itu juga memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi, dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh amiloid beta (zat yang ditemukan di dalam otak pasien penyakit Alzheimer), meningkatkan metabolisme, dan kesigapan mental melalui stimulasi fungsi otak.
Kadar carnocyn pada tiap orang bisa berkurang jumlahnya. Kenapa bisa berkurang? Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Misalnya, kelelahan atau stres akibat banyaknya kegiatan aktivitas. Usia yang semakin bertambah juga turut mengurangi kadar carnocyn. Jika carnocyn turun, maka otomatis akan menimbulkan efek kurang baik bagi tubuh.
Untuk mengembalikan kadar carnocyn tersebut tentu dibutuhkan pasokan asam amino bukan? Karena itulah konsumsi sari pati ayam sangat dianjurkan. Apalagi carnocyn dalam sari pati ayam juga bermanfaat menambah antioksidan dalam tubuh. Radikal bebas bisa ditahan oleh antioksidan sehingga tidak merusak rubuh.
Lalu bagaimana cara mendapatkan sari pati ayam yang benar? Banyak orang berpikir, dengan jalan merebus daging ayam hingga mendidih, mereka sudah mendapatkan manfaat dari sari pati ayam. Padahal, kandungan lemak dan kolesterol jahat juga ikut di dalamnya.
Sari pati ayam tidak bisa didapatkan hanya dengan cara memasak biasa. Untuk mendapatkan sari-sari pati ayam yang baik, ayam harus dimasak menggunakan metode double boiling (kukus ganda). Yaitu, panci kecil berisi ayam utuh diletakkan ke dalam panci yang lebih besar, kemudian dipanaskan di atas api. Setelah direbus cukup lama, sari-sari pati yang dapat memberikan banyak manfaat akan muncul dengan sendirinya.
Namun metode tersebut membutuhkan proses yang cukup lama dan tidak praktis. Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi, kini ada cara yang lebih praktis dan cepat untuk mendapatkan sari pati ayam, yaitu dengan membeli suplemen sari pati ayam siap minum yang tersedia di toko obat serta apotek terdekat.
Enaknya mengonsumsi suplemen sari pati ayam, tentu saja lebih praktis dan lebih hemat waktu karena tanpa perlu usaha luar biasa sulit untuk menyiapkannya. Namun memilih suplemen sari pati ayam tentu juga harus teliti. Pastikan produk yang dipilih adalah produk alami dan mempunyai keamanan kemasan yang terjamin
Ane sering gowes pulang makan ayam seger lagi dech *curcol prot

0 komentar:

Posting Komentar