Senin, 27 Juni 2011

Cara Menghidari Hacking Password dan lainnya

Dunia semakin gila!!! Itulah yang banyak dikatakan orang-orang modern . Orang bodoh sekarang hobinya hacking or hacker password . Biasanya mereka dengan gampangnya menjebol password kita karena lemahnya password tersebut dan password tersebut menggambarkan identitas si empunya password. .
Jadi ga da salahnya kalo kita berhati-hati dan lebih waspada sebelum semuanya terjadi, apalagi kalo password yang di jebol berisi tentang prifesi kita ataupun data-data penting.
Ini ada beberapa tips cara membuat password agar tidak mudah dijebol tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau password yang kita buat aman 100 %, so ngga ada salahnya kan kalau kita ikuti tips ini sebagai jaga-jaga…

1. Password bisa dikatakan memiliki kekuatan atau strong jika ada kombinasi antara Character , Numeric , Simbol , tapi yang harus kita ingat password sekuat apapun masih ada kemungkinan dihack walaupun sudah dikombinasi dengan 3 hal tadi yaitu Character , Numeric , Simbol. Tujuan dari pengkombinasikan password itu hanya untuk MEMPERSULIT hacker dalam membaca secara acak password kita bukan berarti TIDAK BISA membaca password kita.
2. Selain itu password kita harus secara rutin diganti, misalnya dalam 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Apalagi jika terdapat data-data penting didalamnya.
3. Tidak ada salahnya jika kita menggunakan ANTI KEYLOGGER, software ini sangat membantu jika kita login di warnet atau temat umum lainnya.
4. Dalam pembuatan password jangan lupa untuk mengikutsertakan tanda-tanada baca seperti huruf S diganti menjadi $ kemudaian o diubah menjadi 0, dsb.
5. Jangan membuat password dengan semuanya angka atau semuanya huruf kecil atau besar, sebisa mungkin dikombinasikan.
6. Buat singkatan-singkatan yang unique atau kata unique yang tidak berhubungan dengan identitas kita, jangan sekali-kali membuat password dengan tanggal lahir,atau nama atau hal-hal yang berkaitan dengan kita, kalaupun itu mesti ada hubungannya dengan kita agar lebih mudah diingat selain dikombinasikan dengan 3 hal tadi juga mesti menggunakan tanda baca. misalnya
7. Jangan pernah membuat password dengan kata-kata yang mudah ditemukan dalam buku ataupun kamus karena ini akan sangat gampang bagi hacker dalam membacanya.
8. Sebaiknya jangan membuat password dengan huruf yang berurut atau pola keyboard misalnya qwerty atau asdf, apalagi angka misalnya 12345 atau 987654.
9. Sebaiknya dalam membuat password jangan menggunakan huruf atau angka yang berulang misalnya ak66 atau rt88.
10. Jangan pernah memberitahu password anda kepada siapapun baik itu orang tua, pacar, sahabat atau bahkan binatang peliharaan anda,,hahaha…
Berikut ini ada cara-cara yang biasa digunakan para hacker dalam menjebol password :
1. PHISING
Cara ini sering disebut dengan memancing orang melalui alamat URL agar orang tersebut mengklik URL tersebut. Misalnya pada saat kita chat kemudian ada yang menyuruh anda untuk mengklik URL yang diberikannya seperti FB. Jika anda belum login maka pada saat anda masuk ke link itu anda akan disuruh untuk login, pada saat anda login dan tanpa sepengetahuan anda, password anda akan terkirim dan masuk ke script hacker tersebut, tak peduli sekuat apapun password anda.
2. KEYLOGGER atau FAKE SCRIPT
Biasanya software ini ada pada tempat umum seperti warnet, computer teman atau bahkan laptop sahabat anda sendiri. Sementara anda login tanpa anda sadari password anda masuk ke scriptnya hacker tersebut.
3. Social Engineering Trick
Cara ini adalah dengan cara kata-kata bukan dengan software artinya dalam dunia nyata. Karena hacker sekarang tidak hanya bekerja dalam dunia maya/computer saja tapi dengan kata-kata anda dia bisa menebak kira-kira kemungkinan password anda.
Intinya dalam membuat sebuah password membutuhkan kreatifitas dan keunikan, jangan pernah anda meremehkan sepenggal kata yang tidak ada artinya bagi anda tapi akan sangat menyakitkan jika sudah dihack.. hikshiks…sedihdihduuuh
Waspadalah…. Waspadalah…. Waspadalah… !!!!!

0 komentar:

Posting Komentar